tidak pernah ada dalam syari'at tenteng perayaan dalam islam kecuali hari jum'at yang merupakan ied (hari raya) setiap pekan, dan hari pertama bulan syawwal (iedul fitri) dan hari ke 10 dzulhijjah (iedul adha) atau lebaran haji.

hukum perayaan dan nyanyian panjang umur itu haram, juga bertepuk tangan karna itu mengkuti tata cara kristen dalam beribadah. sebaiknya perayaan ultah itu mengadakan pengajian/hal-hal yang lebih bermanfaat seperti memberi makan anak-anak yatim piatu, kemudian menghibur anak-anak itu dengan nyanyian selamat ultah, bersama anak-anak itu dengan tujuan membagi kebahagiaan bersama mereka.

sabda nabi : " barang siapa yang beramal dengan amalan yang tidak dengan perintah dari kami maka amalan itu ditolak ".
" dan hati-hatilah kalian dalam perkara yang baru dalam agama, karna segala yang dibikin baru dalam agama adalah bid'ah, dan bid'ah itu sesat ".

pengertian sesuatu yang baru itu mungkin pengalaman baru yang dalam agama yang sama sekali tidak pernah dikenal oleh Rosululloh, oleh karna itu janganlah menganggap bahwa hari ultah itu adalah hari yang paling istimewa. dan bila ingin bersyukur pada Allah dengan memberikan umur sedemikian tahun ini maka beramal baiklah, tanpa harus merayakan dengan acara nyanyian yang khusus dan cara-cara yang khusus pula.

Valentine :
sejarah tentang Valentine...
ensiklopedia katolik menyebutkan 3 versi tentang valentine, versi yang paling terkenal adalah versi St. Valentine yang hidup di akhir abad ke 3 M. pada tanggal 14 februari 270 M, Claudius II menghukum St. Valentine dengan hukuman mati, karna telah menentang beberapa perintahnya. claudius II mengajak orang-orang kepada agama nashrani untuk menangkap Valentine. dalam versi 2, claudius II memandang para bujangan lebih tabah dalam berperang dibanding yang sudah menikah yang sejak awal semula memang tak setuju untuk berperang. maka claudius II membuat perintah dengan melarang diadakannya pernikahan. tapi valentine tetap menentang dan mengadakan pernikahan secara sembunyi-sembunyi digreja. hingga pada akhirnya dia dipenjara karna ketahuan. dalam penjara valentine berkenalan dengan seorang anak penjaga penjara yang terserang penyakit. valentine mengobatinya hingga sembuh dan jatuh cinta padanya. sebelum dia dihukum mati, dia mengirim mengirim kartu yang bertuliskan "dari yang tulus mencintaimu, Valentine". hal itu terjadi setelah anak itu memeluk agama nashrani bersama 46 kerabatnya.

bahkan saat ini beredar kartu-kartu perayaan keagamaan ini dengan gambar anak kecil dengan 2 sayap terbang mengitari gambar hati sambil mengarahkan anak panah ke arah hati yang sebenarnya merupakan lambang tuhan cinta bagi orang-orang romawi.

hukum merayakannya itu haram. sesungguhnya wajib bagi setiap orang mengucapkan 2 syahadat untuk melaksanakan wala' dan bara' yang merupakan aqidah yang dipegang oleh para salaf sholeh, yaitu mencintai orang-orang mukmin dan membenci orang-orang kafir dan juga menyelisihi mereka.

ada seorang gadis mengatakan : bahwa ia tidak mengikuti kayakinan mereka, hanya saja hari valentine tersebut secara khusus memberikan makna cinta dan suka citanya. kepada orang-orang yang memperingati ini adalah suatu kelalaian, padahal sekali lagi perayaan ini adalah ritual agama lain, hadiah yang diungkapkan sebagai ungkapan cinta adalah suatu hal yang baik, namun bila dikaitkan dengan pesta-pesta kristiani dan tradisi barat, maka akan mengakibatkan terobsesi oleh budaya dan gaya hidup mereka. mengadakan pesta pada hari tersebut adalah bukanlah hal yang sepele, tapi lebih mencerminkan pengadopsian nilai-nilai barat yang tidak memandang batasan normatif dalam pergaulan antara pria dan wanita, sehingga kita lihat struktur sosial mereka menjadi porak-poranda.

Alhamdulillah kita punya pengganti yang lebih baik dari itu semua, sehingga kita tidak perlu meniru dan menyerupai mereka. diantara bahwa dalam pandangan kita, seorang ibu itu mempunyai kedudukan yang lebih agung, kita bisa mempersembahkan itu kepadanya, dari waktu kewaktu, demikian pula untuk ayah, saudara dan yang lainnya, tapi hal itu tidak kita lakukan khusus pada saat perayaan orang-orang kafir.

semoga Allah senantiasa menjadikan hidup kita semua penuh dengan kecintaan dan kasih sayang yang tulus yang menjadi jembatan untuk masuk kedalam syurganya yang hamparannya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa, semoga Alah menjadikan kita termasuk orang-orang yang disebutkan.
firman Allah :
" Kecintaanku adalah bagi mereka yang saling mencintai karna aku. yang saling menyayangi karna aku, dan saling berkorban karna aku ".

jadi mereyakan hari ulang tahun dan valentine itu di "HARAMKAN".
ada beberapa alasan mengapa hari tersebut diharamkan :
- ia merupakan hari bid'ah yang tidak ada dasar hukumnya dari dalam syari'at islam.
- ia dapat menyebabkan hati sibuk dengan perkara-perkara rendahan seperti ini yang sangat bertentangan dengan petunjuk para salaf (pendahulu kita). semoga Allah meridloi mereka, maka tidak halal bagi mereka untuk melakukan ritual itu, baik dalam bentuk makanan, minuman, berpakaian, saling tukar hadiah/yang lainnya.
hendaknya setiap muslim mereka bangga dengan agamanya, tidak menjadi orang yang tidak berpegangan dan ikut-ikutan alias taqlid...